4.9.14

#Edisi Ukiran Khas Palembang

 Ayo yang nunggu postingan seni ukir. sorry yah mimin ngelangkah nie. harusnya ini #edisi batik palembang. tapi karena referensi masih kurang jadi kita ngelangkah dulu aj ya. sekrang kita bahas Seni ukir palembang. Palembang itu terkenal dengan ukiran-ukiran khas palembang dengan corak emas yah. g kebayangkan semua peninggalan sriwijaya hampir semuanya berbau emas. dari kain hingga ukiran lemari dan peralatan rumah tangganya. ok fixx.. kita langsung ke TKP.. Yuhuuu
 
foto diambil dari toko Devita Art
Dalam pola atau bentuk ukiran kayu, dua elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dari penjelmaan sesuatu pola, khususnya dalam motif dan teknik penyusunan selain berfungsi sebagai nilai artistik dan ventilasi (lobang angin) juga mempunyai fungsi bermakna filosofi.
        Seperti kita temui di bangunan-bangunan lama rumah Palembang dan bangunan lainnya banyak ditemui ukiran-ukiran kayu yang indah dan menarik sehingga menampakkan keanggunan dan keagungan budaya negeri dan masyarakat pembuatnya. 


                  Devita Art adalah salah satu UMKM yang saya datangi. pemiliknya begitu ramah. saya dipersilahkan masuk untuk mendata usahanya. sayangnya UMKM ini hnya menampung ukiran mentah yang sudah jadi. kemudian oleh pemilik dipernis dan dicat kemudian baru siap jual. Tapi Ibu syamsiah, pemilik Devita Art tidak segan-segan memberi info dimana tempat produksi ukiran yang sebenarnya. Beliau hanya menunjukkan bahwa ukiran-ukiran mentah itu didapat dari pengrajin yang ada didaerah sukabangun II. dan akhirnya karena mimin penasaran bagaimana proses ukiran mentah itu dibuat. mimin meluncur ke daerah Sukabangun II. 
               Ternyata apa yang dikatakan ibu syamsiah itu benar, disinilah central ukiran mentahmya. hampir beberapa pengrajin ukiran yang mimin datangi ada disini dan kebanyakan berasal dari semarang. mereka ramah-ramah dan menerima saya dengan baik walaupun beberapa dari pengrajin didatangi langsung ke t4 proses produksinya tidak memberi saya minum. hehhehe (eitss tp tenang mimin bwa minum sendri. jadi g masalah).
Foto diambil dikediaman pak Yono


          Ini salah satu pengrajin ukiran lemari khas palembang, "mereka membuat ukiran itu diluar kepala semua. karena sudah hapal dengan ukirannya" ujar pak yono(salah satu pengrajin ukiran dipalembang). Hal terkait pun beliau mengatakan bahwa pasokan kayu yang diambil berasal dari sekayu dan sekitarnya. jenis kayu pun diambil dari jenis kayu tembesu atau meranti. tergantung kualitas pesanan yang diinginkan oleh peminatnya. 
       
 
foto diambil dari dari t4 pengrajin Eko Furniture Sukawinantan
          Pak Eko(pengrajin ukiran) juga menyebutkan bahwa pasokan kayu tidak terlalu sulit untuk didapatkan karena sudah ada link tersendiri. beberapa pengrajin ini juga saling kenal dan mempunyai koneksi satu sama lain sehingga mereka bisa konsul satu sama lain. Sayangnya untuk lingkungan Pengrajin ukiran ini belum ada yanng namanya Koperasi khusus pengrajin Apalagi masih belum disentuh oleh dinas-dinas terkait. oleh sebab itulah mari kita rangkul untuk satu indonesia #OneHeart.
        Untungnya pak Eko memiliki ide yang  brillian. jadi dia mengadakan arisan untuk ibu-ibu PKK. yang menang arisan dapet Lemari ukirannya. sehingga produksi beliau bisa berjalan secara continue setipa bulannya.

         Hampir 10 tempat mimin hampiri satu persatu itu membuat mimin yakin bahwa disini ada potensi ukiran khas palembang . walaupun sebagian besar bukan dari orang palembang setidaknya mereka juga ingin mengembangkan budaya palembang.
Orangn lain saja mau mengembanngkan budaya sriwijaya. Why Not..!!!
Tempat Produksi pak Rustam (pengrajin ukiran)

       Disamping ini tempat kediaman pak rustam beliau juga memiliki beberapa karyawan yang diambil langsung dari semarang. Sayangnya mimin datangi karyawannya lagi libur lebaran . jadi mimin cuma bisa nemui pak rustam sendirian lagi mahat ukiran. Beliau juga memaparkan bahwa penjualan ukirannya agak sepi, pesanan bulan -bulan ini agak menurun. tapi walau begitu pesanannya pun continue.  terkadanng ada ada saja yg datang minta buatin ukiran entah untuk peroranngan atwpun perusahaan.



beberapa alat ukirnya
tempat pengrajin ukiran pak rudi


     Lain lagi dengan pak rudi iya lebih memilih memasok barang-barangnya ke tempat central penjualan ukiran di deket masjid agung dan ketoko toko lainnya. 

     Sebenarnya mimin mw ceritain panjang lebar tapi takutnya readers bosen ma bcaannya makanya tak sudahin ya. ok next time mimin bakal kupas edisi batik palembanng klo referensi udah pas ok. tapi kayaknya bakal ada postingan khusus untuk pengrajin rotan dipalembang. nantikan postingan berikutnya. yakin g nyesel dapet ilmu dari sini. buat temen2  bisa share juga klo mw tau t4 UMKM yang belom dijumpai. yuk berbagi mulai dari sekrang salam #OneHeart

sekian dari mimin ulasan ukiran khas palembang. maaf klo ulasan terbatas. yg mw nanya2 langsung bisa kirim ke sini : linda_wati62@rocketmail.com. 
 Satu hati untuk Semua.  

Tidak ada komentar: