6.5.11

10 prinsip ekonomi


 Tindakan ekonomi
Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :
  • Tindakan ekonomi Rasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian.
  • Tindakan ekonomi Irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.
Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  • Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  • Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:
Prinsip Ekonomi
                Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin. Menjadi awal dari patokan kita dalam melakukan tindakan ekonomi…

Prinsip Ekonomi @1 Kita Selalu Melakukan Trade Off

Terkadang semua yang kita ambil dari sebuah keputusan, sekecil pun itu masalah pasti mempunyai resiko yang di ambil.  Prinsip ini sering di pakai dalam pengambilan keputusan. Ketika saya memutuskan membuat blog ini saya tau konsekuensi  begitu pula kalian ketika memutuskan untuk membaca ini kalian tau akan kehilangan waktu. Semua ada timbal baliknya dan tarik-ulurnya.  Kembali lagi pada prinsip ekonomi ini, yaitu melkukan pertimbangan lagi apakah  tindakan yang diambil benar atau tidak ,mengadakan evaluasi sebelum bertindak. Agar setiap tindakan sesuai dengan yag kita inginkan.

Prinsip Ekonomi @2 Biaya adalah Segala Sesuatu yang Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu
Biaya atau harga adalah suatu hal yg mesti kita korbankan untuk meraih sesuatu, ketika saya bekerja saya mengorbankan waktu saya bersama -sama keluarga saya, bersama teman saya, bersama beberapa kerabat saya. Tapi ketika saya mendapatkan hasilnya yaitu gaji saya dapat memperoleh sesuatu barang yang saya hendaki atau bisa menyenangi keluarga dan teman2 saya. Begitu pula ketika kita menginginkan suatu benda yang ingin kita miliki tentunya mempunyai harga untuk memperolehnya.

Prinsip Ekonomi @3 Orang Rasional Berpikir Secara Bertahap
masalah ini sudah di singgung di atas bahwa kita mesti berpikir secara rasional,berusaha untuk memilih option yang menguntungkan. Jika anda di hadapkan oleh suatu option yang misalnya anda mendapat beasiswa S2 di universitas besar di luar negeri, kemudian dikesempatan lain juga anda mendapat pekerjaan yang posisinya tak kalah bagus y yaitu direktur sebuah perusahaan terkemuka. Anda mesti mempertimbangkan apakah option mana yang mesti anda  ambil di lain kesempatan anda mempunyai tuntutan tulang punggung keluarga. Tentunya mungkin anda bisa mempertimbangnkan sendiri option mana yang mesti di ambil dulu. Karena orang rasional selalu berpikir secara bertahap.

Prinsip Ekonomi @4 Orang Selalu bereaksi terhadap insentif
Insentif bisa berarti suatu hadiah atau bisa juga hukuman tergantung situasinya.  Orang yang selalu bereaksi terhadap insentif/hadiah, biasanya orang yang selalu termotivasi akan sesuatu agar lebih baik lagi dari sebelumnya. Jika anda bekerja dengan rajin tentunya anda akan mendapat insentif dari bos, begitu pula sebaliknya.

Prinsip Ekonomi @5 Perdagangan Dapat Menguntungkan Semua Pihak

Ketika anda melakukan  suatu perdagang atau semacam jual beli tentunya anda ingin semua pihak menguntungkan bukan, karena dalam dunia ekonomi , baik pihak penjual maupun pihak pembeli mesti mendapatkan keuntungan bersama, tidak berat sebelah. Jika kita belanja tentunya kita menginginkan barang yang kita beli bagus sebaliknya penjual juga menginginkan barter yang sesuai dengan barangnya.
Prinsip Ekonomi @6 Pasar Secara Umum Merupakan Wahana yang Baik Guna Mengkoordinasikan Kegiatan Ekonomi

secara umum, mungkin pasar adalah tempat atau gudangnya semua kegiatan ekonomi yaitu  jual beli. Dimana semua pelaku ekonomi ada didalamnya. Baik itu pasar tradisional maupun modern., tentunya semua  mengandung unsur dari kegiatan ekonomi yang  berlangsung. Dengan adanya pasar maka timbul  suatu permintaan barang dan jasa dan sebaliknya pasar pula yang mengkoordinasi  perusahaan dan rumah tangga untuk memberikan suatu penawaran.


Prinsip Ekonomi @7 Pemerintah Ada Kalanya Dapat Memperbaiki Hasil Kerja Mekanisme Pasar
Pemerintah berperan penting dalam hal memperbaiki hasil kerja mekanisme pasar.Mengapa? jelas karena pemerintah adalah alat falisitator dan pengerak . dimana semua mekanisme pasar tidak akan berjalan jika seandainya tak ada transportasi atau fasilitas lainnya  yang masuk untuk perdagangan,oleh sebab itu pemerintah menfasilitasi semua kebutuhan agar mekanisme pasar dapat berlangsung dengan baik, bicara dengan pengerak, pemerintah juga berperan ibarat wasit yang mengatur suatu permainan,mekanisme pasar hanya bisa mengatur alokasi sumber daya berdasarkan kemampuan memproduksi sesuatu yang mana orang mau membayar untuk itu, dan tidak menjamin tiap orang bisa mendapat pekerjaan, makan cukup atau berobat gratis. Pemerintahlah yang bertanggung jawab atas hal ini dengan sembako murah atau subsidi pajak atau pendapatan Negara lainnya.


Prinsip Ekonomi @8 Standar Hidup di suatu negara tergantung pada kemampuannya memproduksi barang dan jasa

Standar hidup di suatu Negara  tergantung dengan tingkat kemampuan memproduksi  barang dan jasa yang diproduksi setian perjam dalam kerja.semakin produktif nya masyarakat  suatu Negara maka semakin besar pula kemampuan masyarakat menikmati standar hidup yang lebih baik.dari standar hidup yg lebih baik inilah melahirkan kebijakan publik untuk meningkatkan masyarakat yang produktivitas yaitu pendidikan yang  merata di setiap sudut wilayah,, fasilitas yang lengkap,kebijakan yang tepat serta teknologi canggih yang mendukung.

 
Prinsip Ekonomi @9 Harga-harga akan meningkat apabila pemerintah mencetak uang terlalu banyak
inflasi dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu tarikan permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar) dan yang kedua adalah desakan(tekanan) produksi dan/atau distribusi (kurangnya produksi (product or service) dan/atau juga termasuk kurangnya distribusi. Hal ini telah jelas dengan banyak nya permintaan akan menyebabkan inflasi dan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran,Sehingga menimbulkan harga akan melambung tinggi dan tidak bisa diprediksi. Oleh sebab itu pemerintah selalu membatasi  peredaran uang guna menstabilkan harga dipasaran.

Prinsip Ekonomi @10 Masyarakat menghadapi trade-off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran
               jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak tentu dampaknya kita ketahui dalam janka panjang yaitu inflasi. Masalah yang menakutkan bagi Negara kita, knpa tidak jika problem inflasi tak diatasi maka tentu stabilitas antara permintaan dan penawaran akan terganggu. Harga-harga akan melambung tanpa terkontrol lgi.


        Tapi, ternyata pencetakan uang dalam jumlah besar dalam jangka pendek pun dapat mengurangi pegangguran. Sepertinya kita di hadapkan option yang sulit, sehingga pemerintah mesti bijak memnyelesaikan masalah ini sehingga option yang ditempuh pun dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.


sumber :www.wikipedia.com dan www.google.com

No comments: