14.7.11

Hemat Bukan Berarti Pelit,nah Loh…..!!




Aku sangat memanage uang pribadi dalam account keuangan q
Bagi q setiap satu pengeluaran sekecil apapun itu mesti dicatat.
Dalam account pribadi
Mungkin sebagian orang menganggap q sedikit pelit atau apa
Aku tak peduli apa yang dibicarakan orang
Q mesti hemat itu yang dibenak q
Bagi q hal yang q suka mengumpulkan nota
Dari nota belanja biasa
Sampe nota mkn pun q sering hitung
Bagi aku teori prinsip ekonomi adalah nomor satu yang mesti dipraktekkan
Mungkin ini hal yang remeh
Hal yang bukanlah suatu hal yang mesti di posting di blog ini tapi q ingin berbagi bahwa prinsip ekonomi itu penting bagi kehidupan nyata. Bahwa kita butuh prinsip ekonomi untuk mengendallikan nafsu kita.(nafsu boros maksudnyaJ))
Bukan sekadar suatu pelajaran yang mesti kita ikuti di zaman esema
Atau di mata kuliah yang membosankan
Yang bercuap-cuap tapi kita tak mengerti mengunakanya
Coba bayangkan uang yang kita peroleh dengan hasil keringat kita
Jerih payah kita
Tenaga kita
Mesti habis tak tau kemana arahnya
Klo begitu kita akan berfoya2 tanpa memikirkan besok kita dalam keadaan kantong jebol
Atau bahasa keren y kangker(kantong kering)
Sungguh kalo saya dalam keadaan itu mungkin Cuma bisa gigit jari.
Atau merengek ke orang tua buat nambahin uang keperluan kita.
Prinsip ekonomi itu bisa membuat kita sadar akan hidup boros.
Sadar bahwa semua keborosan mesti di pikirkan
Sadar bahwa masih banyak kebutuhan mendadak di depan mata
Sadar bahwa uang adalah hal riskan
Hal yang mesti dipikirkan
Beli lah seperlunya
Belilah secukupnya
Apalagi saya yang seorang mahasisiwi yang mesti berpandai-pandai memutar uang jajan dan keperluan kulyah.
Awalnya sikap ini q ambil untuk menekan anggaran yang sering kebablasan di  bulan tua
Gigit jari jika kewajiban pembayaran kuliah mesti dilakukan
Pada akhirnya menghadap ke ruang rector minta dispensasi pembayaran
Lalu penugakan bayaran hingga berbulan-bulan
Itulah sikap itu spertinya tak etis
Tanpa kita sadari banyak orrang seperti itu
Dan saya pun tak menampiknya (hehehehJ )
Dari pengalaman itu lah maka saya sering perhitungan dengan hal yang berkaitan dengan yang namanya uang.(ijo matanya)
Banyak orang bilang bahwa hemat itu berarti pelit.
Ada saatnya kita berbagi
Klo saya jika pendapatan saya mendapat bonus dari  boz atau kewajiban2 yang mesti saya penuhi berkurang .
Atau ada sisa uang lebih dari pengeluaran yang diplanning
Mungkin saya bisa traktir temen2
Atau makan2 barreng temen
Ibaratnya refresing gitu, merefres otak yang tegang
Memanjakan diri kita untuk memberi kepuasan pada diri
Ada saat2nya utntuk mengerem semua nafsu kita.
Oleh sebab itu jika beberapa orang berpendapatan bahwa
“Hemat itu berrti pelit”  (q Cuma diam aja”g diing)  bahwa masih banyak kebutuhan yang belum terpenuhi makanya harus hemat.(mengurrangi porsi kita) menstabilkan keuangan kita kembali.
Nah loh temen2 blogger mungkin menyadari bahwa hidup berfoya2 sering dilakoni
Belanja g jelas, perginya ingin beli sepasang sepatu pulangnya bawa sepatu baju atau segudang belanja yang menurut kita  g penting jadi penting.
Tanpa disadari kantong pun jadi jebol
Dengan adanya prinsip ekonomi mungkin temen2 blogger bisa mengendalikan uangnya


Jadi Hemat bukan berrti pelit
^__^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

q g pelit kok