5.9.14

#edisi Pengrajin Rotan

         Sesuai dengan janji dipost yang lalu bahwa mimin bakal nge-post buat #edisi khusus pengrajin rotan. yang g kesabaran siapa?? hayoo nunjukk tanggan. (hadeh g keliatan juga kali ya) hihihi. ok kita langsung capcuzz aj yak ke pokok pembahasan kita. okee. yukk simaakkk...!!!

       Rotan, apa itu rotan??. Menurut Wikipedia menyebutkan bahwa Rotan pada umumnya dipergunakan dalam industri tidaklah terlalu banyak. Beberapa yang paling umum diperdagangkan adalah Manau, Batang, Tohiti, Mandola, Tabu-Tabu, Suti, Sega, Lambang, Blubuk, Jawa, Pahit, Kubu, Lacak, Slimit, Cacing, Semambu, serta Pulut. begitulah mcam-macam dari jenis rotan. Hal senada pula, dikatakan oleh barkah W. pemilik Dwi jaya bahwa rotan yang sering digunakannya adalah rotan jenis manau yanng paling banyak digunakan" ujarnya. 

      Pak Barkah merupakan salah satu UMKM yang berasal dari palembang. usahanya dimulai dari tahun 1998 sampai sekrang. Usaha ini sempat dua kali pindah tempat beroperasi. namun terakhir bapak barkah menyewa tempat sebagai home industry di jalan Brgjend Hasan Kasim. Usaha ini merupakan usaha keluarga, tenaga kerja nya pun masih minim hanya berjumlah lima orang termasuk bapak barkah sendiri dan istrinya. pengolahan keuangannya pun masih terbilang sangat sederhana. Model-model produksinya pun bermacam dari perabotan rumah tangga sampai bentuk furniture.

Desain yang digunakan oleh pak barkah merupakan jenis desain lokal sesuai dengan permintaan pelanggan. Namun kerapkali pak barkah dan istri bereksprimen untuk menciptakan desain yang unik sesuai dengan perkembangan zaman.

buat yg nungguin post ini, maaf y post ini bener2 telat. coz mimin nulis y mood"an. Jadi yang g sabar bisa nge reply cari tw sendiri di mbah google. heheheh. ok lanjut lg. mumpung mood mimin lagi kuat sinyalnya. loading masih bisa nangkep> yuk capcuzzz. :D

        "Selain kuat pengunaan rotan ini beraneka macam bentuknya. mulai dari mainan anak-anak, kursi, meja hias, dan lain-lain. "ujar pak barkah . 

ok segitu aj dulu kalinya. mimin capek. otak mi2n becabanng nih. lg mikirin yang g pernah mikirin. apa coba. hihihih. ujung2 y curhat. btw. buat teman2 yang tertarik sama furniture rotan bisa hubungi mimin. atw bisa langsung dateng sendri aja kayaknya yah ke alamat diatas. datang aja kok kesitu bapaknya baik kok. yang mw nanya-nanya atau info beliau di atas bisa hub dsini : linda_wati62@rocketmail.com. insyalloh klo ada waktu pasti di bls email y. makasih sebelumnya. salam dunia UKM.

Tidak ada komentar: