4.6.15

Persepsi Jakabaring, #edisi wong kito

         Jakabaring, siapa yang g kenal sama jakabaring. orang seindonesia ini aja tau. jakabaring dimana. palembang. ingat loh, bukan terkenal karena kasus si nazarudin kemaren yah. tapi melainkan jakabaring sebagai pusat olahraga di dunia. Ini terbukti dari beberapa ajang olahraga didunia,  sea games, dan lain-lainnya. mimin lupa> yg inget koment dibawah yah. hihihih. yuk simak sejarahnya yang saya copas dari wikipedia. lumayan buat penngetahuan. :D


by wikipedia
     Jakabaring Sport City juga dikenal sebagai Jakabaring Sport Complex (Indonesia: Kompleks Olahraga Jakabaring) adalah kompleks fasilitas olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Kompleks ini terletak 5 kilometer tenggara dari pusat kota Palembang, di seberang sungai Musi melalui Jembatan Ampera di Jakabaring, Seberang Ulu I daerah. Ini adalah tempat utama Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011. Stadion Sriwijaya Gelora, salah satu stadion terbesar di Indonesia, terletak dalam kompleks ini. sumber : klik disini


     Awalnya kompleks olahraga yang dibangun untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2004, olahraga multi-event nasional Indonesia dengan atlet dari 33 provinsi di Indonesia berpartisipasi. Saat itu kompleks hanya terdiri dari Stadion Utama dan dua ruang olahraga dalam ruangan Gelora Olahraga (GOR) Dempo, dan Gelora Olahraga Ranau. Stadion Gelora Sriwijaya juga menjabat sebagai tuan rumah Piala Asia AFC 2007. Kompleks itu secara luas diperluas menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011. dan sekarang  kompleksnya  terdiri dari:
  •     Stadion Gelora Sriwijaya
  •      Dempo olahraga aula     Ranau olahraga aula
  •      Athletic stadion
  •      pusat akuatik
  •     bidang Baseball dan Softball 
  •      jarak tembak
  •      Penginapan atlet
  •      Danau buatan untuk olahraga outdoor air (dayung, ski air, perahu naga)
  •      kursus golf, etc.
 ok, fix itu info dari wikipedia lumayan akuratnya, itu mungkin secara garis besarnya aja kalinya. nah kadang-kadang ada pendatang entah dari kota mana atau negara mana. ya ela bule kali ahh. heheh. nanyain kenapa namanya jakabaring. kenapa enggak jaka sembung, jaka tingkir dan lain sebagainya. beberapa masyarakat kita juga keliru dalam menerjemahkan dari mana sich arti si jakabaring ini. oke kita bahas dibawah ini. 

       Jakabaring merupakana nama singkatan dari suku-suku yang mendiami wilayah kawasan tersebut dan sekali lagi bukan tokoh fiksi yang sebenarnya yang sering kita bayangkan. Singkatan jakabaring yaitu jawa, kabah (lahat), batak, komering. Nah, karena wilayah tersebut banyak didiami suku tersebut maka dibuatlah singkatan tersebut.  Jakabaring bukanlah tokoh si jaka yang suka berbaring-baring atau lain sebagainya. atau menganggap bahwa lahan jakabaring merupakan lahan tidur. yang tak berpenghuni atau lain sebagainya itu salah besar. (info ini didapat dari seminar  tentang "manfaat dan nilai ekonomi jakabaring sport city pasca sea games" di hotel aston palembang tanggal 28 mei 2013)
nah ini mimin lagi ikut seminar taon 2013. mash zamn kul dlu.

       Jakabaring (JSC) juga memiliki manajemen yang  cukup baik. Baik dari segi kebersihan, perawatan kompleks olahraga. seperti rumput laut, danau buatan, wisma dan lain sebagainya sudah diatur dalam manajemen yang cukup solid. Awalnya jakabaring merupakan milik KONI. Jadi semua kewenangan yang berkaitan didalam kompleks olahraga tersebut adalah KONI Sumsel. namun lebih kesini KONI Sumsel pun menyerahkan semua manajemennya kepada pihak Pemprov. (mimin juga lupa-lupa inget) yang pasti jakabaring adalah milik indonesia. dan punya pemerintah provinsi sumatera selatan. saya juga binggung bagaimana alur jalan dana dan sebagainya karena saya hanya memposting apa yang saya ketahui saja. dan setiap tahunnya dispora sering mengadakan lomba antar mahasiswa sumsel. baik dari karya ilmiah, lomba cepat tepat, dan sebagainya itu  yang selalu diadakan di wisma atlit kawasan jakabaring. yang pengen tau cari tau aja web resmi dispora sumsel. yakin deh g nyesel ikut lomba itu. dapet pengalaman, dapet banyak temen dan lain sebagainya.

oke semoga bermanfaat. semoga g salah lagi yah info y. makasih. buat wong kito galo salam sedolor. yuk mari ke palembang. dijamin anda pasti pengen balik lagi. kalo misalnyo ado info yang salah mohon dicomment yah. agar tulisan ini bisa diperbaiki lagi. jangan sampe dolor-dolor kito ni salah ngomongke arti dari si jakabaring yang disamakan dengan arti si jaka tingkir yang bersal dari jawa tersebut.


Tidak ada komentar: