11.8.14

#Edisi Kain Jumputan

Diambil dari toko H. Aceng
hey..hey postingan berikutnya #Edisi Jumputan..Ok mimin siap uraikan dengan gamblang. Jumputan itu apa sich?? pertanyaan ini sudah ditebak oleh mimin. Eits, bukan berarti mimin paranormal yah. hihihihi. Klo ngomongi jumputan gw sellu ingat Guru favorit gw selama di Semplan (SMP N 9 Palembang) tapi gw lupa namanya siapa. dear my teacher. engkau yang dulu memperkenal seni Jumputan pada kami. begitu berharganya. walaupun teknik diajarkan masih tergolong amatiran. gw sellu bilang guruku pahlawan ku. dan sekarang semenjak saya menjadi bagian dari CSR Astra saya lebih mengetahui lebih dalam lagi. apa itu Jumputan atau kain pelangi. nah daripada mimin banyak cerita mending kita simak langsung yah. yuk. tapi yang belum baca postingan yang sebelum y silahkan klik disini ya. 
             
 
Jumputan milik Hj. Aceng
Pengertian Jumputan, Kata jumputan berasal dari bahasa jawa. Menjumput berarti memungut atau mengambil  dengan semua ujung jari tangan. cara pembuatan kain batik jumputan sangat sederhana dan mudah dilakukan karena tidak menggunakan lilin dan canting.
               ada lagi dari hasil surfing mimin dibeberapa situs mengatakan bahwa  Jumputan merupakan salah satu jenis batik yang pembuatannya dilakukan dengan cara mengikat kencang di beberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna. Oleh karena itu, sebagian orang juga menyebut Jumputan sebagai batik ikat celup. ini kata situs ini lo klik disini.
              Sesuai dengan namanya, batik jumputan dibuat dengan cara menjumput kain yang di isi biji-bijian sesuai dengan motif yang di kehendaki, selanjutkan mengikat, dan terakhir melakukan pencelupan kedalam pewarna.
              Meskipun dengan cara sederhana. hasil kain batik jumputan tidak kalah indah dengan jenis batik yang lain. Batik jumputan merupakan suatu karya seni yang mempunyai nilai budaya dan nilai ekonomi tinggi. Sumber: Buku Membuat Batik Jumputan menurut blog ini .
Motif Jumputan dari H. Aceng

             Lain lagi menurut Situs ini, Salah satu kain yang terkenal berasal dari palembang adalah kain jumputan atau kain pelangi yang biasa disebut masyarakat adalah kerajinan tenun yang dihasilkan dengan (tie and dye) teknik jumputan untuk menghasilkan motif tertentu dari bahan yang berwarna benar benar putih polos. Adapun prosesnya yaitu dimulai dengan menjahit dan mengikat erat bagian tertentu kemudian mencelup dalam larutan pewarna sesuai dengan keinginan.

Tidak heran klo Jumputan menjadi bahan dasar pelajaran anak Sekolahan sebagai pelajaran MULOK. prakarya yang sering dibuat ini dibilang sangat simpel dan tidak rumit cocok untk anak-anak. pembuatannya pun tergolong gampang sehingga anak-anak bisa mengaplikasinya sesuai kreasi masing-masing. Selain menumbuhkan rasa cinta budayanya juga dapat melestarikan dan menghidupi kain tradisional kita khususnya Palembang. 
  
baju kemeja perempuan (for feminim)
  Sering  kita jumpai bahan dasar pelajaran MULOK mengambil uji keterampilan dari pembuatan produksi kain jumputan. Potensi Sumatera Selatan adalah salah satunya kain pelangi atau jumputan warisan ketiga dari budaya Sriwijaya.Oleh sebab itu untuk menguji kompetensi keterampilan bisa diliat dari prakarya masing-masing siswa. Selain mengukur kompetensi, Jumputan juga bisa digunakan untuk memperkenalkan warisan budaya bahwa ini loh yang jadi kain warisan ketiga dari sebelumnya kain songket dan kain tajung.  

Kampung Central  kain pelangi
ingat loh mimin cuma mw bahas asal muasal y aj y. klo mw tau langkah-langkah pembuatannya
silahkan klik disini klo penasaran mw liat langsung atau mw dateng ke centralnya bisa hubungi mimin. mimin janji bakal kenali satu persatu pengrajinnya. dan kalian bisa lihat langsung produksinya gimana. dan jangan kaget kalo nanti ada pemandangan warna warni kain pelangi berseliweran dijemuran kampungnya.  
        Kain Pelangi ini sangat beraneka ragam dan sangat indah. Bahannyapun dari benang kain sutra serta cat khusus yang tidak luntur. Pembuatannya tetap secara tradisional.       
        Sewet Pelangi permukaannya licin dan halus serta bisa dikepal dengan tangan sedangkan kain atau sewet jumputan itu bunga-bunganya tampak seperti dijemput-jemput dengan benang sewaktu perebusan sehingga selesainya menjadi indah dan bagus.
Ready kain Jumputan.
   Adapun kain jumputan umumnya menggunakan bahan dasar sutera dan mempunyai berbagai macam motif. Motif – motif tersebut antara lain motif bintang lima, bintik lima, kembang janur, cuncung (terong), bintik sembilan, bintik tujuh, dan bintik-bintik dan banyak lagi.
Kemeja Pria
Ok sampai disini postingan kali ini. Jumputan sangat cocok dipakai di acara resmi seperti pernikahan, acara formal, maupun formil. Kesan yang ditampilkan elegan, anggun dan mewah. Setiap pemesanan kain pelangi/ jumputan pewarnaan yang kita pesan biasanya tidak hampir sama. walaupun motifnya dibuat sama. itu disebabkan oleh faktor dari degradasi warna. teknik pencelupannya dan pemberian takaran warna tidak sesuai dengan rumus takaran warna sebelumnya. ok samapi disini. buat temens2 dari luar mw berkunjunng Central kain Palembang atau kampungnya kain pelangi. bisa kontak di e-mail mimin yak disini. mw tanya atw nego pesen kain pelangi juga boleh. mimin siap membantu. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar: